Selasa, 03 Juli 2012

Read This! No Need To Cheat! (motifasi untuk jujur)

Diposting oleh Debby Sylvania Harlian di 22.09

    Hai for everyone! Long time no see :) . Udah lama aku nggak pernah nge-posting. You know why? Soalnya selama beberapa waktu ini aku lagi sibuk soal urusan kelulusan. Yup! I GRADUATED! Akhirnya setelah 3 tahun, sekarang aku udah bisa bernapas lega. Ditambah lagi aku juga udah masuk di salah satu SMA internasional, hahaha #pamer.

    Tapi, jujur nggak semudah itu aku bisa lulus. Aku mau berbagi pengalaman. Nah, dimulai dari UNAS. Kalian pasti tahu kalau UNAS biasanya dianggap menakutkan bagi semua siswa. Entah menakutkan karena soal-soal yang dianggap susah atau karena khawatir tidak lulus. Yes, I was feeling like that.  Kalian tahu? Aku juga takut nggak bisa ngerjain setiap soalnya, bahkan aku takut nggak lulus. Tapi, aku pertaruhkan semua itu demi kejujuran. Ya, tahun ini, UNAS SMP ini, aku berani memutuskan untuk jujur -tanpa nyontek-. Entah kenapa aku bisa kepikiran seperti itu, tapi yang pasti aku termotifasi oleh salah satu temanku yang bernama Laras yang juga berani nggak nyontek, bahkan dia mengaku nggak pernah nyontek dari awal masuk SMP. What a dare?! Kenapa aku bisa sangat termotifasi oleh orang ini? Karena aku sudah melihat bukti kalau tidak mencontek tidak akan membuatmu gagal. Laras, yang dari awal udah nggak pernah nyontek, selalu dapet ranking 3 besar di sekolahku. And you know what? I proved it! Yeah, aku sudah membuktikan sendiri. Percaya nggak percaya, semenjak aku memutuskan untuk nggak nyontek lagi alias insyaf (waktu kelas 9), aku akhirnya bisa menempati ranking 1! Percaya nggak? Aku bahkan sering dapet nilai yang lebih tinggi dari anak-anak yang biasanya ikut olimpiade! Dan semua itu berkat aku nggak nyontek!
 
    Aku bahkan berani nggak nyontek waktu UNAS. Walau banyak godaan setan yang sempat menggoyahkan keyakinanku untuk nggak nyontek, tapi akhirnya aku tetep jujur. Sebenernya banyak tawaran buat bocoran, tapi aku tetep kuat pendirian. Sampai di malam pengumuman, aku sempet takut dapet nilai jelek karena aku nggak nyontek. Tapi ternyata, aku lulus dengan nilai yang cukup memuaskan! Walaupun banyak temenku yang nilainya lebih bagus karena bocoran atau nyontek, nilaiku sudah sangat membanggakan bagiku. Mungkin dipikiran kalian aku bodoh karena menyia-nyiakan tawaran bocoran jawaban, tapi aku menantang kalian buat membuktikan sendiri. Coba sesekali kalian mengerjakan ulangan tanpa nyontek, tunggu dan lihat hasilnya. Saat melihat hasilnya dan ternyata nilai kalian jelek, ingat baik-baik perjuangan kalian waktu mengerjakan ulangan itu, dan pikirkan ini baik-baik : lebih hebat mana nilaimu yang jelek tapi karena jujur, atau nilai temanmu yang bagus tapi nyontek semua? Harusnya jawabannya adalah dirimu yang jujur! Bayangkan, tanpa mengontek saja bisa mendapat nilai, kenapa harus nyontek walau dapet bagus tapi nilai sebenarnya adalah NOL karena sebenarnya kalian yang nyontek itu nggak bisa ngerjain apa-apa, makanya butuh contekan. Dan kalian yang jujur, berapapun nilai/hasilnya, pasti punya perasaan bangga walau sangat sedikit dihati.

    Karena itu aku hanya mau bilang, tolong percaya pada otak yang sudah diberikan Tuhan untuk kita. Jika kalian mau berusaha dan berdoa, niscaya Tuhan kalian akan membantu menyelesaikan kesulitan kalian. Tanpa nyontek pun kalian bisa. Lagipula, dapat nilai bagus karena nyontek nggak akan bertahan lama. Lihat saja dikemudian hari saat semuanya dibuktikan. Sekali lagi, percayalah pada diri sendiri :). 

0 komentar:

Posting Komentar

 

My Blog, My Own Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea